Bukan diary, hanya catatan sembarangan dari keseharian anak yang hyper aktif

Rabu, 14 Maret 2012

Antara Rakyat, BBM, dan Gasing


                Akhir-akhir ini sedang gencar-gencarnya diberitakan bahwa bulan april nanti BBM kembali naik. Kemarin secara serentak para mahasiswa di daerah mereka masing-masing mengadakan demo untuk menentang kenaikan BBM. Seluruh kalangan masayarakat khawatir, karena dengan melonjaknya harga BBM maka harga bahan pokok pun juga akan ikut naik.
                Kemarin saya nonton berita di televisi, ada seorang mahasiswa yang menyiram tubuhnya dengan bensin hingga badannya melepuh. Nah, siapa yang bisa kita salahkan dalam keadaan seperti ini?
                Coba kita flashback ke masa-masa perebutan kekuasaan di negara kita. Dimana masyarakat diberi janji macam-macam oleh para calon penguasa, salah satu janji tersebut yaitu menyangkut BBM dengan harga yang terjangkau oleh rakyat. Rakyat tang mengharapkan kemakmuran di negeri ini pun sangat mengharapkan hal itu benar-benar terjadi.
                Para calon penguasa pun menggunakan segala cara agar mendapatkan kedudukan tersebut, dari cara yang wajar sampai cara yang kurang wajar bahkan tidak wajar. Beberapa calon menggunakan jurus serangan fajar untuk menarik hati rakyatnya agar dia terpilih. Dengan uang 10 ribu rupiah maka satu suara pun diperoleh. Rakyat yang dibutakan karena kesengsaraan menganggap bahwa uang 10 ribu itu sangat berharga dan tidak memikirkan lagi masalah kedepannya dengan negara kita karena uang 10 ribu tersebut.
                Ada lagi satu cara yang sangat tidak wajar bagi saya, salah satunya adalah dengan menghadirkan para penyanyi dengan pakaian dan tarian erotis yang ikut memeriahkan saat demonstrasi. Rakyat diundang ke acara demonstrasi tersebut, berdesak-desakkan, bahkan terkadang terjadi perkelahian karena asyiknya goyang dan menikmati penyanyi kesenangan mereka yang sedang ngebor.
                Bisa dibayangkan nggak? Seandainya dalam suatu diskusi antara masing-masing calon penguasa dalam sebuah ruangan besar dengan seorang moderator dan dihadiri ribuan rakyat di dalamnya. Kalau imajinasi saya yang terjadi bukan lah diskusi tentang visi-misi mereka masing-masing, yang terjadi  malah diskusi itu menjadi ajang tarung gasing!! Kalian pasti tahu kan dengan gasing?? Masing-masing calon membawa penari mereka dan adu ngebor di dalamnya. Siapa yang ngebornya paling jago itulah pemenangnya. Saya jadi ingat kartun Jepang kesenangan saya waktu saya masih kecil, “BEYBLADE”. Dimana gasing-gasing yang bertarung bisa mengeluarkan hewan seperti siluman kayak naga, kura-kura, ular, burung. Saya jadi kebayang kalo penari ngebor yang dibawa calon-calon penguasa itu bisa melakukan hal serupa seperti yang di kartun Beyblade itu.
                “Anitaaaa!!! Keluarkan jurus ular karung bersayapmu!!!!!!!!” Maka keluarlah siluman ular karung bersayap dari pantat penari itu.
                Peserta yang lain pun tak mau kalah dan berteriak pada gasing manusianya. “Sumiiiiiiiiiii!!!! Jangan mau kalah Sumiiii!!! Keluarkan  Jurus  Naga mas penjaga nerakaaaaaaaaa!!!!” Maka keluarlah siluman berbentuk Naga dengan sisik mas yang konon penjaga neraka tersebut.
                Benar-benar mengherankan!
Salahkan menurut pandangan saya ini?? tingginya penggunaan barang elektronik mewah, mobil mewah, handphone canggih, banyaknya bangunan2 mewah di Indonesia bukanlah pertanda dari meningkatnya keadaan ekonomi di negeri kita, tapi semakin melonjaknya tingkat gengsi-gengsian di negeri kita.

                Sekali lagi siapa yang bisa kita pertanyakan dalam masalah seperti ini? Mungkin ini hanya  sekilas pertanyaan yang selama ini saya pendam dalam benak saya yang saya coba tuangkan dalam bentuk tulisan iseng ini. 

               

2 komentar:

  1. ini lah indonesia
    cara berpikir yg sangat primitif
    menarik perhatian masyarakat dgn goyangan ckckck

    BalasHapus
  2. Go Syuuuuuuuuuuuuuttt!!!!!
    masih ingat dengan kalimat itu???
    itu lah gambarannya, mungkin,.

    BalasHapus

Mari kita berbagi dengan mengomentari postingan ini.. haha